Translate

Minggu, 16 November 2014

Faktor – faktor Pemerolehan Bahasa Kedua



Disma Yulynda
PB 2012 / 122074242
Faktor – faktor Pemerolehan Bahasa Kedua
Menurut Baradja (1994:3 – 12) terdapat enam faktor yang perlu diperhatikan secara cermat, yaitu (1) tujuan, (2) pembelajar (3) pengajar, (4) bahan, (5) metode, dan (6) faktor lingkungan. Meski demikian, faktor tujuan, pembelajar dan pengajar merupakan tiga faktor utama. Dari ketiga faktor ini pemerolehan bahasa kedua mengkonsentrasikan diri pada hal-hal yang menyangkut pembeajar dan proses belajar. Pembelajar, sebagai faktor yang paling utama, mengetahui dengan pasti mengapa dia mempelajari bahasa kedua. Jawaban atas pertanyaan “mengapa” inilah yamerupakan wujud tujuan belajar bahasa kedua. Pengajar merupakan pihak yang membantu pembelajar. Dalam kondisi tertentu, kehadirannya dapat digantikan oleh buku teks, tape recorder, film, atau yang lain.
Berkaitan dengan proses pembelajaran, perlu diperhatikan dua hal: belajar bahasa merupakan usaha individual dan guru sebaiknya menempatkan diri sebagai mitra belajar. Belajar sesuai usaha individual berarti bahwa setiap siswa meenempuh cara, gaya, tenik, atau strategi masing-masing dalam memecahkan masalah kebahasaan. Gur sebagai mitra artinya bahwa guru harus mengenal betul masalah yang dihadapi siswanya. Disamping itu, guru harus memberi rasa aman kepada siswa dalam belajar dan mencoba.
Berkaitan dengan pembelajaran, hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa pembelajar bahasa kedua adalah individu yang unik. Hasil penelitian para ahli menunjukkan beberapa keunikan yang berpengaruh pada proses pemerolehan bahasa kedua: umur dan keperibadian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar